Tips Dan Trik Menentukan Kandidat Yang Tepat Dalam Proses Rekrutmen

Membuat perencanaan SDM adalah salah satu strategi perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan kompeten di bidangnya. Hal ini juga berkaitan dengan masa depan dan kesuksesan suatu perusahaan. Jangan sampai Anda salah dalam memilih karyawan. Maka dari itu dibutuhkan strategi merekrut karyawan.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaring SDM yang berkompeten:

 

  1. Analisis Informasi Pekerjaan

Pastikan Anda mendefinisikan dengan jelas pekerjan yang dipublikasikan sebelum merekrut karyawan baru. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa merumuskan tugas-tugas, tanggung jawab, keahlian yang dibutuhkan, hasil pekerjaan, hingga lingkungan pekerjaan di perusahaan.

 

  1. Buat Strategi Merekrut Karyawan yang Efektif

Buat perencanaan untuk merekrut karyawan baru dengan beberapa pihak penting di perusahaan. Hal ini sangat penting untuk mempersingkat waktu dan membuat proses perekrutan karyawan lebih efisien.

 

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Beberapa Kandidat Potensial

Dengan menjalin hubungan baik dengan beberapa kandidat yang memiliki potensi, Anda bisa memilih kandidat terbaik untuk posisi yang ditawarkan. Semakin banyak kandidat potensional, maka Anda bisa menempatkan mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

  1. Screening CV dan Surat Lamaran dengan Seksama

Lihatlah apakah CV dan surat lamaran yang dikirim sudah sesuai dengan posisi yang dilamar dan kriteria yang disebutkan. Jangan lupa untuk memisahkan kandidat yang menurut Anda tidak cocok untuk posisi tersebut. Hal ini mungkin akan memakan waktu lama, maka dari itu pastikan Anda melakukannya di waktu senggang agar tidak menggangu pekerjaan lainnya.

 

  1. Wawancara Kandidat Terpilih

CV dan surat lamaran yang baik belum tentu menjamin bahwa kandidat tersebut sesuai untuk posisi yang dilamar. Maka dari itu wawancara adalah salah satu langkah yang penting dalam proses menjaring SDM yang berkompeten. Hal ini bisa membuat Anda lebih mengenal kandidat dan menilainya secara langsung.

 

  1. Buat daftar Pertanyaan yang Tepat

Manfaatkan proses wawancara untuk mengenal lebih dekat kandidat yang Anda pilih. Coba berikan pertanyaan yang tepat seperti; menceritakan soal diri mereka, kelebihan dan kelemahan, konflik pekerjaan dan hal-hal lain berkaitan dengan posisi yang dilamar.

 

  1. Cek Latar Belakang dan Referensi

Langkah selanjutnya adalah mengecek latar belakang kandidat yang Anda pilih. Pastikan bahwa kandidat tersebut sudah memenuhi syarat-syarat yang Anda berikan. Bila perlu, tanyakan referensi di tempat kerja sebelumnya dan Anda bisa menghubunginya untuk menanyakan kinerja kandidat tersebut.

 

Demikian hal – hal mengenai tips dan trik menentukan kandidat yang tepat dalam proses rekrutmen yang perlu kamu ketahui. bila kamu membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah di perusahaan kamu? Semua itu bisa kamu dapatkan dengan mengikuti training and development program di Focus Improvement. Hubungi kami melalui telepon ke 0818-8188-99919 atau 0878-4169-6118 untuk mendapatkan saran program pelatihan kepemimpinan dan pelatihan karyawan sesuai kebutuhan organisasimu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *