Perbedaan HRD, HRBP Dan HC

Dalam dunia industri dan organisasi tentunya kita tidak asing dengan istilah HRD, HRBP dan HC, tetapi apakah kita sudah tahu makna istilah itu dan fungsinya?

Yuk simak kali ini akan kita bahas itu semua!

 

Definisi dan fungsi Human Capital

Human Capital adalah departemen yang mengelola manusia sebagai modal berharga perusahaan yang perlu ditingkatkan nilainya dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Bukan sebagai sumber daya yang akan habis, perusahaan menganggap karyawan sebagai aset yang bisa dikembangkan nilainya.

Dalam perspektif tersebut, HC melihat anggaran perusahaan untuk merekrut, melatih, dan membayar gaji karyawan, sebagai investasi perusahaan. Oleh sebab itu, investasi tersebut diharapkan mendatangkan pengembalian dan keuntungan atau return of investment (ROI).

Investasi pada karyawan dapat diberikan dalam bentuk kompensasi dan benefit yang menarik, pengembangan karyawan untuk mempelajari skill baru, kesempatan karier, dan penyediaan fasilitas kerja yang optimal.

HC merancang strategi untuk membangun engagement, meningkatkan loyalitas karyawan, dan menurunkan turnover. Ukuran HC untuk menilai karyawan adalah signifikansi kontribusi, pertumbuhan value karyawan, dan peningkatan kompetensi serta keahlian yang berguna untuk membuat perubahan dan pengembangan organisasi.

 

Definisi dan fungsi Human Resource

Human Resource adalah departemen yang mengelola manusia sebagai sumber daya perusahaan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Dengan sudut pandang ini, pada suatu waktu, sumber daya akan “habis”. Semakin tua, karyawan akan mengalami penurunan produktivitas, dan tidak bisa dimanfaatkan lagi. Karena itu, sebelum “habis”, perusahaan harus mengoptimalkan karyawan untuk menghasilkan laba perusahaan sebesar-besarnya.

HR mengelola karyawan dari mulai merekrut, melatih, mengevaluasi, dan memberikan kompensasi. Masalah hubungan kerja, keamanan kerja, dan kesejahteraan karyawan menjadi tanggung jawab HR.

Semua anggaran yang dikeluarkan perusahaan terkait ketenagakerjaan dihitung sebagai biaya perusahaan. Dengan biaya tersebut, HR harus menerapkan strategi untuk membuat karyawan dapat mendatangkan profit bagi perusahaan.

Ukuran HR untuk menilai karyawan adalah hasil pekerjaan. Karyawan bernilai tinggi adalah mereka yang memiliki kinerja atau kontribusi tinggi, dan mereka mendapatkan reward berupa bonus, kenaikan gaji, dan promosi.

 

Definisi dan fungsi HR Business Partener (HRBP)

HR Business Partener (HRBP) mencakup ikatan kontrak dan eksklusif antara pihak-pihak yang mewakili aliansi komersial. Kedua pihak mungkin adalah individu yang setuju bekerja sama untuk menciptakan dan mengelola bisnis. Kedua pihak juga dapat merupakan tim, kelompok, atau bisnis terpisah yang setuju untuk bekerja sama dengan tujuan yang saling menguntungkan.

HRBP meskipun bukan anggota tim kepemimpinan eksekutif, mereka memiliki suara dalam hal percakapan SDM. Mereka adalah konsultan yang pendapat dan idenya dihargai. HRBP umumnya dianggap sebagai mitra bisnis strategis yang dapat menawarkan rekomendasi, membuat keputusan, dan menjalankan tujuan.

Layaknya manajer HRD, mereka juga menerima undangan untuk berbincang tentang masa depan organisasi, seorang profesional HRBP harus memiliki seperangkat keterampilan dan pengetahuan tertentu. Profesional ini harus memahami semua bidang dan departemen bisnis, dan bagaimana SDM dari perusahaan yang berkonsultasi dapat memanfaatkan aspek-aspek ini.

 

Demikian hal – hal mengenai perbedaan HRD, HRBP dan HC yang perlu kamu ketahui. Bila kamu membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah di perusahaan kamu?  Semua itu bisa kamu dapatkan dengan mengikuti training and development program di Focus Improvement. Hubungi kami melalui telepon ke 0818-8188-99919 atau 0878-4169-6118 untuk mendapatkan saran program pelatihan kepemimpinan dan pelatihan karyawan sesuai kebutuhan organisasimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *