Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Hanya Menghabiskan Uang?

pelatihan kerja karyawan

Mengapa harus melakukan pelatihan karyawan?

Pertanyaan yang seringkali muncul saat pengadaan training atau pelatihan untuk karyawan baru ataupun lama. Hal tersebut karena yang terlihat saat pelatihan karyawan dilakukan adalah pengeluaran biaya yang tidak berdampak secara materiil untuk perusahaan secara langsung. Mengapa demikian? Karena pelatihan pegawai dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Untuk memutakhirkan dari keahlian yang dimiliki oleh seseorang atau individu tertentu yang sejalan dengan berbagai macam perubahan dari sisi teknologi yang semakin modern. Melalui pelatihan SDM ini, pekerja/ karyawan tersebut juga dapat dipastikan secara mutlak oleh trainer, bahwa dirinya kemudian dapat bekerja dengan lebih efektif, baik itu dengan menggunakan teknologi yang lama atau bahkan teknologi yang baru.
  2. Meminimalisir waktu belajar seorang pekerja / karyawan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta kompeten dalam bidang pekerjaannya.
  3. Bertujuan untuk membantu memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem operasional.
  4. Dapat mengorientasikan setiap individu di dalamnya terhadap berbagai macam bidang organisasi.
  5. Memberikan jenis keterampilan serta kemampuan yang nantinya akan berubah menjadi bentuk kemampuan yang tinggi untuk melaksanakan setiap tugas dari pekerjaannya.
  6. Lebih meningkatkan loyalitas, serta profesionalitas dari setiap para karyawannya tersebut.

Sementara itu masih ada pula, tujuan pelatihan untuk karyawan seperti yang dikemukakan oleh Procton dan Tomton. Kedua orang tersebut menyatakan bahwa tujuan dari program pelatihan karyawan adalah sebagai berikut :

1. Untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan bisnis yang diberikan oleh perusahaan terhadapnya, serta bagian-bagian operasional-operasional industri yang sudah dimulai pada hari pertama kerja.

2. Dapat diperolehnya kemajuan sebagai bentuk dari kekuatan yang lebih produktif dalam suatu perusahaan tertentu, serta terkembangnya pula tingkat keterampilan, kebutuhan akan pengetahuan, serta bentuk sikap dari para pekerja/ karyawannya.

Jika ditinjau dari tujuan dan manfaat dari pelatihan karyawan tersebut, maka biaya yang dikeluarkan akan terlihat kecil dengan melihat dampak yang akan ditimbulkan setelahnya. Dampak pelatihan karyawan akan terasa dalam jangka waktu yang cukup lama dan dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu dikeluarkan, seperti kecelakaan kerja, biaya rekrutmen karena turnover yang tinggi, kerusakan alat, dll.

Masihkan kita berfikir bahwa pelatihan karyawan hanya menghabiskan uang? Biaya memang diperlukan namun demi mencegah keluarnya biaya yang lebih besar di masa mendatang. Jadi pelatihan karyawan dan pengembangan SDM sangat diperlukan di setiap perusahaan di bidang apapun dengan tujuan yang sama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *