Metode Pelatihan Karyawan

      Tak ada komentar pada Metode Pelatihan Karyawan

Selain sebagai cara untuk meningkatkan kinerja kerja, program pelatihan dan pengembangan karyawan memiliki tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab karyawan dalam bekerja. Pelatihan karyawan menjadi suatu upaya untuk meningkatkan sikap, kemampuan, keahlian, pengetahuan, serta perilaku spesifik yang terkait dengan pekerjaan.

Memilih metode pelatihan dan pengembangan karyawan secara tepat, harus dilakukan dengan pemilihan materi pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan, dan sesuai dengan tujuan pelatihan karyawan yang hendak dicapai.

Ada beberapa metode pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dipilih dan digunakan.Tiap  metode pelatihan karyawan memiliki cara khusus dan efektivitas pelatihan karyawan tersendiri dalam mencapai tujuan tertentu. Berikut diantaranya,

  • On The Job Training

Merupakan metode training karyawan yang mampu memberikan motivasi yang lebih tinggi pada para pesertanya untuk berlatih dan belajar. Dalam program pengembangan karyawan ini, karyawan akan ditempatkan pada tempat dan situasi kerja yang sebenarnya.

·   Magang

Merupakan salah satu bentuk metode pelatihan pegawai yang mengharuskan karyawan untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemangku jabatan tertentu. Dalam kegiatan tersebut, karyawan harus mempelajari tentang bagaimana cara melakukan suatu kegiatan tersebut.

·   Simulasi

Simulasi merupakan program pelatihan karyawan yang dilakukan dengan cara menggunakan alat – alat atau mesin dan kondisi lingkungan yang dibuat sesuai atau sama dengan kondisi situasi kerja sebenarnya. Misalnya, pelatihan kerja yang diberikan untuk seorang calon penerbang, maka dibuatkan simulasi dengan menggunakan simulator kokpit pesawat terbang. Tujuan training karyawan model simulasi adalah agar calon karyawan bisa lebih akrab dan menguasai betul mengenai kondisi kerja sebenarnya. Metode training karyawan ini biasanya digunakan untuk bentuk pelatihan SDM yang memerlukan keahlian khusus dalam penggunaan alat tertentu dan dikhawatirkan cukup berbahaya jika langsung menggunakan alat yang asli.

·  Job Rotation

Dalam program pengembangan karyawan job rotation, karyawan akan dipindahkan secara berkala dari suatu jabatan atau unit kerja tertentu ke jabatan atau unit kerja yang lain. Dengan begitu, karyawan dapat mendapatkan pengetahuan menyeluruh mengenai perusahaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *