Manfaat Work From Home

      Tak ada komentar pada Manfaat Work From Home

Sejak ditetapkannya wabah virus corona sebagai pandemi global, pemerintah Indonesia pun menginstruksikan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Diantaranya pelatihan karyawan online hingga bekerja di rumah atau work from home yang mana sangat berdampak pada operasional bisnis.

Work from home merupakan sebuah konsep di mana para karyawan di suatu perusahaan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Pada dasarnya, bekerja dari rumah memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan jam yang fleksibel dan tidak terlalu terikat dengan aturan 9-6.

Apakah work from home ini merugikan? Atau malah justru menguntungkan? Berikut kelebihan dan kekurangan work from home

Keuntungan work from home :

  1. Biaya operasional perusahaan menurun

Perusahaan tidak perlu menyediakan komputer, tempat kerja, internet, listrik dan makan siang untuk pekerja. Ini bisa menambah pundi-pundi pemasukan bagi perusahaan yang menerapkan work from home.

  1. Lebih fleksibel

karyawan sebenarnya bisa bekerja di mana saja dari rumah. Dari ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, teras rumah, dan sebagainya. Karyawan sendirilah yang dapat mengukur tingkat kenyamanannya dalam bekerja. Selain fleksibel masalah tempat bekerja, dalam hal waktu work from home juga fleksibel bisa disesuaikan tidak harus terpaku pada aturan 9-6. Yang terpenting saat bekerja dari rumah karyawan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaannya.

3.      Produktivitas meningkat

Work form home bisa dijadikan cara meningkatkan produktivitas karyawan, ini terjadi karena tingkat stres bekerja semakin berkurang sehingga produktivitas kerja bertambah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan stres seperti macet di jalan, pekerjaan yang menumpuk, masalah teman kerja dan masalah-masalah lain yang sering ditemui pada kantor yang menyebabkan kurangnya semangat kerja.

4.      Kepuasan kerja meningkat

Ketika seorang karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efektif, kepuasan kerja dapat menjadi nilai tambah. Ketika hari ini mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tentu Anda juga akan merasa lebih bersemangat esok hari. Adanya kepuasan kerja merupakan cara meningkatkan produktivitas kerja serta loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

5.      Work life balance meningkat

Work life balance adalah keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja dari rumah Anda bisa lebih dekat dengan keluarga dan linkungan sekitar sehingga life balance terpenuhi. Keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan ini bisa tercapai saat dirinya memiliki produktivitas kerja yang baik sehingga bisa mengalokasikan waktu sesuai dengan porsinya masing-masing.

6.      Terhindar dari gangguan linkungan kerja

Pernahkan Anda memiliki teman kerja dalam satu kantor yang toxic, menganggu atau sering membuat masalah? Hal-hak seperti ini sangat menganggu dan dapat menurunkan produktivitas kerja. Berbeda dengan ketika Anda bekerja dari rumah yang suasana lebih nyaman, tenang dan kondusif sehingga lebih fokus dalam bekerja.

Kelemahan work from home :

1.      Monitoring pekerja susah

Untuk memonitoring pekerja saat melakukan work from home lebih susah ketimbang bekerja di kantor secara langsung. Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem yang baik untuk memonitor setiap pekerja dan tidak terlalu kaku dalam hal peraturan, maka ini bukan menjadi masalah yang besar.

2.      Motivasi kerja bisa hilang

Motivasi kerja bisa hilang karena suasana berbeda jauh dengan kerja di kantor. Apalagi godaan di rumah lebih banyak dan tidak ada pengawasan dari atasan langsung, sehingga membuat motivasi kerja lama kelamaan menjadi hilang. Salah satu tandanya dengan pekerjaan yang selalu telat dari deadline yang sudah ditentukan.

3.      Banyak gangguan kerja

Tidak setiap pekerjaan yang dilakukan dari rumah bisa berjalan dengan mulus. Banyak sekali gangguan terutama dari anak dan keluarga, belum lagi orang-orang disekitar yang menganggap hanya di rumah nganggur saja padahal sebenarnya sedang kerja secara remote.

4.      Komunikasi yang kurang lancar

Komunikasi menjadi tantangan terbesar saat melakukan work from home. Untuk itu Anda harus selalu online dan mudah dihubungi, sehingaa saat ada diskusi atau koordinasi tidak ketinggalan info. Frekuensi komunikasi juga harus dilakukan sesering mungkin untuk menjaga komunikasi antar tim bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi miskomunikasi.

5.      Masalah keamanan data

Keamanan menjadi salah satu isu yang perlu diperhatikan ketika work from home. Data-data pekerjaan yang penting tidak disarankan untuk dikirim menggunakan jaringan biasa. Untuk melakukan proteksi keamanan lebih Anda perlu menggunakan layanan keaman dengan VPN. VPN memungkinkan untuk membuat saluran aman dalam jaringan public, sehingga tidak ada yang bisa mengaksesnya kecuali hanya pengirim dan penerima saja.

6.      Biaya operasioan rumah meningkat

Semua biaya operasional bekerja otomatis pindah semuanya saat Anda kerja dari rumah. Mulai dari listrik, internet dan makanan yang sebelumnya menjadi tanggung jawab dari kantor.

7.      Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah

Tidak semua bisa dilakukan dengan work from home diantaranya pekerjaan-pekerjaan dalam sektor bisnis F&B, Ritel, dan Servis.

Nah, dari keuntungan dan kelemahan work from home di atas tentunya work from home bisa dilakukan dengan efektif apabila baik perusahaan maupun karyawan sama-sama menjalaninya dengan bertanggung jawab. Kedua belah pihak harus lebih paham mengenai kondisi yang terjadi, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan performa kerja, meski sedang bekerja di tempat yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *