Jenis Pelatihan Karyawan

      Tak ada komentar pada Jenis Pelatihan Karyawan

Tidak sedikit orang yang bingung saat dirinya menjadi karyawan di suatu perusahaan, karena faktor tempat baru, teman baru dan rutinitas yang baru. Hal tersebut sangatlah wajar dialami oleh para karyawan baru baik yang sudah punya riwayat pernah bekerja di tempat lain sebelumnya atau belum. Tidak heran jika karyawan baru dijadwalkan untuk mengikuti beberapa pelatihan oleh HRD. Pelatihan karyawan dibuat oleh HRD untuk memudahkan para karyawan baru untuk dapat bekerja secara maksimal. Training karyawan apa saja yang biasa dibutuhkan oleh karyawan? Berikut adalah beberapa jenis pelatihan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan :

  1. OJT (on the job training)

Dalam program pelatihan karyawan ini biasanya HRD atau Training Development akan memberikan materi-materi dasar tentang perusahaan kepada karyawan. Informasi yang mereka dapatkan antara lain :

  1. Visi Misi Perusahaan
  2. Rules & Regulation Perusahaan
  3. Basic Mentality
  4. Leadership dan Management konflik
  5. Etika
  1. Perkembangan Kemampuan Teknis

Pelatihan dan pengembangan karyawan untuk kemampuan teknis karyawan adalah salah satu komponen yang penting dalam perusahaan karena merupakan jalan utama karyawan memahami cara mengerjakan tugas secara benar. Karyawan lama juga perlu melakukan pembelajaran berkelanjutan secara reguler agar selalu mengetahui perkembangan terbaru. Pelatihan ini dapat dilakukan oleh kepala divisi masing-masing departemen, sehingga kemampuan teknis yang diharapkan pada karyawan baru dapat tersampaikan dengan tepat dan cepat.

  1. Melatih Keahlian Karyawan (Skill Training)

Pelatihan untuk karyawan baru yang bisa dilakukan adalah dengan melatih keahliannya atau bisa disebut juga skill trainingSkill training yang diberikan bisa berupa pelatihan soft skill dan hard skill yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan.

  1. Pelatihan Ulang (Retraining)

Perusahaan juga bisa melakukan pelatihan ulang atau disebut juga retraining agar bisa memberikan keahlian yang benar-benar dibutuhkan oleh SDM yang ada. Pelatihan pengembangan karyawan SDM dilakukan guna menghadapi kondisi tuntutan pekerjaan yang akan terus berubah. Sehingga dengan pelatihan ini SDM yang ada di dalam perusahaan bisa bekerja dengan lebih percaya diri ketika menyelesaikan suatu pekerjaan.

  1. Pelatihan Team Building

Memberikan program pelatihan tim kepada SDM perusahaan merupakan hal yang sangat dianjurkan. Karena bagaimanapun juga karyawan di dalam perusahaan tidak akan bekerja sendirian, mereka harus bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara tim agar tujuan perusahaan bisa tercapai.

  1. Melatih kreatifitas perusahaan (Improvement)

Proses pelatihan kreativitas atau disebut juga creativity training merupakan program pelatihan dan pengembangan yang bisa memberikan peluang agar SDM perusahaan bisa mengeluarkan sebuah gagasan berdasarkan nilai rasional. Gagasan itu nantinya akan lebih dikembangkan agar bisa membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Improvement Focus® Menyediakan training dan pelatihan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pelatihan untuk karyawan baru, upgrading, team building, motivasi dan kemampuan teknis operasional seperti NCC, Finance non financeInventory management, Incoming inspection, dll. Tentunya dengan para trainer yang berpengalaman di bidangnya dan dengan metode yang sangat mudah diterima oleh peserta.

Apakah Anda tertarik mengagendakan pelatihan karyawan perusahaan Anda dengan Improvement Focus® ? Subscribe contact Anda pada website kami atau hubungi via WA bit.ly/haiIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *