Efektivitas Pelatihan Karyawan

      Tak ada komentar pada Efektivitas Pelatihan Karyawan

Efektivitas pelatihan karyawan merupakan hal yang sangat penting terutama untuk program pengembangan sumber daya manusia. Pelatihan dan pengembangan karyawan di perusahaan, organisasi, instansi pendidikan, ataupun lembaga lain dilakukan untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan.

Untuk itu, pelatihan pegawai dibutuhkan agar seluruh karyawan mampu mengikuti perkembangan dunia kerja maupun bisnis sesuai dengan jabatannya. Pelatihan juga dilakukan sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja, etos kerja, disiplin, sikap, keterampilan, dan keahlian tertentu agar bisa bekerja lebih maksimal serta lebih baik.

Pelatihan karyawan sendiri adalah sebuah proses pembelajaran keahlian, peraturan, sikap, ataupun konsep pengetahuan untuk meningkatkan mutu tenaga kerja. Training karyawan yang efektif akan membuat kayawan menguasai dengan baik pekerjaannya dan mampu mengikuti perkembangan binsis serta bertahan pada persaingan yang ketat.

Program pelatihan karyawan setiap tahunnya biasanya diadakan oleh perusahaan, instansi, organisasi, ataupun lembaga lainnya. Tujuan pelatihan karyawan adalah sebagai cara meningkatkan mutu sumber daya manusia dan sebagai cara meningkatkan produktivitas karyawan. Untuk itu, kegiatan pelatihan karyawan perusahaan yang telah dilakukan dapat dikatakan efektif ataupun sukses bila tujuan yang diinginkan serta ditetapkan perusahaan tercapai.

Efektivitas pelatihan karyawan bisa dilihat dari meningkatnya keterampilan, pengetahuan, keahlian karyawan yang sudah dilatih. Indikator pelatihan karyawan dikatakan efektif dan sukses akan membentuk pandangan serta cara berfikir karyawan menjadi sesuai dengan visi ataupun misi perusahaan. Selain itu, pelatihan karyawan yang efektif dan sukses bisa menjadikan kompetensi seperti pengetahuan, sikap, perilaku, dan pengetahuan karyawan meningkat.

Agar bisa mengetahui apakah pelatihan yang sudah dilakukan efektif dan sukses perlu dilakukan evaluasi. Dengan melakukan evaluasi maka dapat diketahui ketepatan dan efektivitas pelatihan karyawan yang sudah dilakukan.

Pelatihan untuk karyawan yang tidak sesuai terkadang tidak memberikan manfaat dan tidak berdampak apapun terhadap karyawan setelah pelatihan berakhir. Maka dari itu, karyawan harus diikutkan dalam pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan dan jabatan karyawan itu sendiri. Bagaimanapun pelatihan karyawan tetap harus diadakan dan dilakukan jika ingin karyawan bekerja dengan baik dan lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *