Efektivitas Pelatihan Karyawan Online

Kemajuan teknologi memang berkembang sangat cepat terutama dalam dunia pekerjaan. Termasuk dalam dunia pelatihan karyawan, saat ini bermunculan berbagai program pelatihan karyawan online.

Training online sendiri adalah hasil nyata untuk sebuah kemajuan pada bidang teknologi yang sangat bermanfaat salah satunya untuk mendukung proses pelatihan karyawan sebuah perusahaan.

Pelatihan online bisa semaksimal mungkin diaplikasikan secara langsung sebagai cara mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang membutuhkan model pengajaran dalam skala yang cukup besar. Ada beberapa manfaat dan alasan kenapa perlu mengikuti pelatihan karyawan online, diantaranya:

  • Manjangkau target pasar yang tak terbatas
    pelatihan karyawan yang dilakukan secara online hampir tidak ada batasan tempat dan lokasi. Dimana saja bahkan dibelahan dunia lain sekalipun kita tetap bisa mengikutinya dengan baik tanpa ada hambatan, selama tempat tersebut terhubung dengan koneksi internet maka semua akan berjalan lancar.
  • Materi bisa diulang dengan mudah
    Dalam seminar online, Anda bisa mengulang materi sepuasnya sampai Anda paham dengan putar ulang video yang sudah diberikan oleh trainer dengan demikian Anda juga tidak ada batasan dalam belajar dan tidak terburu-buru oleh waktu.
  • Harga yang lebih terjangkau
    Jika dalam pelatihan karyawan konvensional perusahaan masih harus mengeluarkan banyak biaya seperti biaya tempat training, biaya pengajar, perjalanan dinas, konsumsi, transportasi, dll yang dalam satu kali program training karyawan saja bisa menghabiskan biaya hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Dengan mengikuti pelatihan karyawan secara online maka biaya yang harus Anda keluarkan jauh lebih hemat, karena bisa diakses dari mana saja misalkan di rumah.
  • Trend era digital
    Dengan pelatihan karyawan online maka Anda juga secara tidak langsung mengikuti perkembangan dalam era digital yang sekarang ini sudah menjamur. Dimana saja dan kapan saja bahkan hampir semua orang selalu membawa gadget dan tidak pernah terlepas dari tangan. Ini juga akan menjadi hal yang efisien jika Anda memanfaatkan semuanya untuk belajar.
  • Bertambah pengetahuan & teman
    Dalam seminar karyawan online Anda bisa menemukan group belajar yang mana bisa Anda manfaatkan sebagai sarana untuk sharing atau bertukar pendapat dan pandangan mengenai materi pelatihan karyawan yang saat itu sedang dibahas.

Namun, metode pelatihan karyawan dengan pembelajaran digital akan terbuang sia-sia jika pembelajaran kita merupakan pengalaman ‘satu materi untuk semua orang’ yang tidak mengenali karakteristik dan kemampuan individu. Praktik yang gagal dari seminar online adalah memberikan slide presentasi yang biasa dibuat untuk pelatihan tatap muka, yang dapat diakses secara online. Dengan memberikan materi training karyawan non-interaktif, kecil kemungkinan peserta akan terlibat dalam pembelajaran mereka.

Nah, dari sisi keuntungan dan kelemahan pelatihan karyawan secara online Anda bisa memutuskan akan bergabung dengan program pelatihan karyawan online atau pelatihan karyawan tatap muka.Tentunya semua tergantung dengan kemampuan dan keinginan diri sendiri. Untuk yang suka dengan suasana ramai maka mungkin memilih metode training karyawan konvensional akan lebih nyaman karena langsung bertatap muka dengan banyak orang, namun bagi mereka yang hanya bisa fokus belajar saat kondisi sepi maka metode training karyawan online akan sangat bermanfaat untuk Anda dalam menyerap banyak ilmu baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *