Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

      Tak ada komentar pada Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Saat karyawan tidak produktif, maka berbagai kegiatan operasional perusahaan akan terhambat, tentunya berpengaruh terhadap penurunan profit perusahaan. Untuk itu cara meningkatkan produktivitas karyawan merupakan salah faktor paling penting yang menunjang keberlangsungan bisnis dan juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan profit usaha.

Sebagai pemilik usaha maupun leader, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara meningkatkan kinerja karyawan

1. Kenali kemampuan dan minat karyawan

Karyawan Anda akan sulit bekerja secara produktif ketika mereka diminta mengerjakan tugas yang tidak sesuai dengan kemampuan dan ketertarikannya. Untuk itu mengenali minat dan kemampuan karyawan sangat diperlukan apakah ia benar-benar orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini? Jika tidak, maka sebaiknya cari orang yang lebih cocok untuk mengerjakannya.

  1. Mengadakan pelatihan karyawan

Jika Anda berpikir bahwa pelatihan pegawai tidak terlalu dibutuhkan dan hanya membuang-buang uang perusahaan. Meniadakan training karyawan juga dapat menimbulkan lebih banyak masalah bagi perusahaan.

Program pelatihan karyawan yang tepat dan juga pelatihan yang dibutuhkan karyawan sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Jika perusahaan memiliki biaya yang sangat terbatas, maka bisa memberikan pelatihan karyawan melalui inhouse training dengan para leader sebagai pembicaranya.  Jika memang diperlukan bantuan dari lembaga pelatihan karyawan, tentunya Anda harus memilih yang memilki metode pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  1. Sediakan Fasilitas yang Mendukung

Produktivitas karyawan akan sulit ditingkatkan ketika karyawan tidak mendapatkan fasilitas yang mendukung di tempat kerja. Seperti : koneksi WiFi yang lambat atau komputer yang sering error akan mempersulit karyawan untuk menyelesaikan tugas mereka.

  1. Pemberian Insentif

Memberikan insentif dianggap sebagai salah satu motivasi paling efektif sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja. Berbagai jenis insentif menarik lainnya yang dapat ditawarkan misalnya, memberikan kupon makan siang gratis kepada mereka yang menjalankan pekerjaannya dengan baik, kupon taksi gratis atau hari libur tambahan untuk mereka yang bersedia bekerja lembur, program kesehatan untuk mengurangi jumlah hari sakit atau biaya asuransi kesehatan.

  1. Rayakan Keberhasilan Karyawan

Mengapreasiasi karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Melalui apresiasi, akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan semangat mereka dalam bekerja sehingga mereka termotivasi untuk mencapai hasil yang lebih tinggi di kemudian hari

6. Lakukan Evaluasi Kinerja Secara Berkala

Untuk mengukur kinerja karyawan, evaluasi secara berkala perlu untuk dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pembuatan KPI (Key Performance Individual). Nah, kalau Anda tertarik untuk mempelajari pembuatan KPI yang efektif hubungi Improvevement Focus® sebagai konsultan bisnis yang akan membantu Anda dalam pengaplikasian KPI di perusahaan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *