Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Konsep Kaizen Event

Kaizen event adalah konsep bertahun-tahun telah digunakan sebagai sumber fasilitas kekuatan yang cepat dan perubahan yang efektif dalam organisasi, contoh kaizen seperti untuk mengeliminasi waste, mengurangi biaya, dan cara meningkatkan produktivitas.

Berikut langkah-langkah pedoman cara membuat kaizen yang biasa diambil ketika organisasi mulai melakukan kaizen event:

  • Perencanaan – Leader kaizen akan mengumpulkan data tentang masalah tertentu dan mengusulkan konsep kaizen event  yang telah terencana untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.
  • Agenda Kaizen – Pemimpin tim akan mengumpulkan tim yang akan fokus pada agenda kaizen dalam beberapa hari ke depan.  Anggota tim adalah orang yang memiliki peran langsung dan paling bertanggung jawab di setiap area yang mereka tangani.
  • Tindak lanjut – Setelah agenda selesai, penting bagi tim kaizen untuk menindaklanjuti dan memastikan semua tugas yang diajukan dan solusinya dapat digunakan untuk jangka panjang.

Agenda kaizen event ini tidak lama atau berlarut-larut. Atribut utama yang berlaku di semua kaizen event adalah fakta dimana mereka dapat bergerak cepat dan fokus pada masalah yang spesifik. Tujuannya adalah untuk menghasilkan solusi jangka panjang yang dapat membantu cara meningkatkan profit perusahaan dan efisiensi.

Untuk melakukan perubahan, dari proses perencanaan menuju tahap persetujuan organisasi bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Orang-orang yang pada awalnya bersemangat, sering kehilangan antusiasme mereka dari waktu ke waktu karena hal-hal tersebut terlalu lama diselesesaikan. Dengan kaizen,  semua orang yang terlibat mampu memanfaatkan energi dan antusiasme mereka untuk mendapatkan hasil dengan cepat.

Usaha ini juga membantu karyawan lebih bersemangat untuk bekerja secara aktif dan menjadi cara meningkatkan kinerja dengan mendapatkan manfaat langsung dari perubahan yang dijalankannya. Tidak hanya mendorong perubahan di satu area saja, teknik kaizen event pada akhirnya akan membuat perubahan cepat di perusahaan. Kaizen juga terbukti mampu menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan selain dengan pelatihan karyawan, karena mereka menjadi lebih termotivasi.

Prinsip kaizen event terbukti sebagai cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan atau masalah dengan sangat cepat. Daripada harus terjebak di dalam sistem yang mengandalkan manajemen untuk membuat perubahan, kaizen event akan mengumpulkan semua orang yang terlibat untuk bersama-sama segera mengenali dan menyetujui perubahan perbaikan dengan cepat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *