Cara Memajukan Perusahaan

Apakah hal ini terjadi dalam bisnis Anda?

– Karyawan yang tidak peduli dengan kondisi tempat kerja
– Karyawan yang tidak disiplin dalam waktu
– Karyawan tidak peduli terhadap masalah yang terjadi di area kerja
– Karyawan tidak mau melakukan perbaikan di tempat kerjanya
– Karyawan tidak mengungkapkan masalah yang terjadi di area kerjanya
– Karyawan tidak bisa mencari solusi sendiri terhadap permasalahan yang terjadi di area kerjanya
– Karyawan terlalu tergantung kepada leader ataupun atasan untuk mengambil keputusan di tempat kerja
– Karyawan tidak peduli dengan mesin yang sudah mulai menunjukkan ketidaknormalan dan kerusakan
– Karyawan tidak peduli terhadap material sisa dan biaya produksi dari perusahaan
– Komunikasi yang buruk antar departemen
– Tidak ada motivasi dalam diri karyawan
– Karyawan terlihat sangat sibuk dalam pekerjaan tapi tidak paham terhadap target yang menjadi tanggung jawabnya

Sebagai pemilik bisnis tentunya selalu bertanya bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja dan juga cara meningkatkan profit perusahaan? Penerapan Lean adalah solusinya! Lean  telah berhasil di banyak perusahaan dalam merubah budaya organisasi. Kehebatan Lean ini telah dibuktikan oleh berbagai macam industri,  tidak hanya terbatas di perusahaan Jepang, tetapi perusahaan di US, Eropa.

Konsep Lean menggabungkan antara merubah mindset orang dan merubah lingkungan kerja. Dari sisi orang, ditanamkan nilai tentang bagaimana untuk bekerja dengan benar dan efisien dalam rangka menghilangkan waste (aktifitas yang tidak memberi nilai tambah), sehingga setiap orang memiliki persepsi yang sama tentang pola pikir yang berorientasi pada efisiensi.

Dan yang terpenting, nilai lebih dari Lean dalam merubah budaya organisasi bukan hanya mencoba mengubah mindset orang saja, karena meskipun cara berpikir sudah benar tapi kalau lingkungan tidak mendukung, maka tindakan yang terlihat akan menyimpang dari mindset yang ditanamkan

Manfaat yang dicapai oleh implementasi Lean sangat besar. Lean bertujuan untuk menciptakan efisiensi di segala lini. Proses produksi yang sangat cepat, kualitas produk yang lebih baik, jumlah material sisa yang menurun, produksi yang lebih fleksibel dalam meresponse order, setup mesin yang lebih cepat, jumlah downtime mesin yang lebih sedikit, biaya produksi yang lebih rendah, biaya maintenance yang lebih rendah, inventory yang rendah, working capital lebih minim, standard kerja yang sama untuk semua operator, operator yang memiliki kompetensi multi skill, karyawan yang lebih bersemangat dalam bekerja, meningkatkan kepuasan bekerja, serta lingkungan kerja yang lebih bersih, tertata rapi, aman dan nyaman.

Penerapan lean ini bisa dipelajari, banyak lembaga pelatihan karyawan yang menawarkan program pelatihan karyawan tentang lean system. Tinggal Anda sebagai pemilik usaha mau mempelajarinya dan menerapkannya dalam perusahaan Anda.

Bila diperlukan Anda bisa memilih menggunakan jasa konsultan bisnis dalam pendampingan penerapan lean system. Banyak cara untuk memajukan perusahaan, tinggal bagaimana dari pemilik bisnis sendiri mau membawa kemana arah bisnis nya dan mau merubah mindset yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *