PENTINGNYA PELATIHAN KEPEMIMPINAN KARYAWAN BAGI PERUSAHAAN

Setiap organisasi atau lembaga pasti memiliki pemimpin. Mulai dari pemimpin yang tertinggi, seperti CEO, sampai para manajer divisi atau tim kerja sebagai pemimpin unit yang terkecil.

Semua pemimpin harus memiliki konsep kepemimpinan yang baik. Oleh karena itu training karyawan sangat penting dengan demikian, program pelatihan karyawan bisa memberi gambaran tentang  gaya dan cara kepemimpinan yang akan mereka lakukan. Metode pelatihan karyawan dan cara kepemimpinan ini sangat penting bagi kemajuan tim kerja. Jika salah menerapkan gaya dan cara kepemimpinan ini, maka bisa berpengaruh kurang baik bagi performa tim kerja.

Itulah sebabnya, sangat penting bagi seorang pemimpin atau mereka yang akan menjadi pemimpin untuk mengikuti  pelatihan kepemimpinan karyawan.

 

TUJUAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN/ LEADERSHIP

Ada yang menganggap bahwa seorang pemimpin itu dilahirkan. Artinya, seorang memang sudah berbakat untuk menjadi seorang pemimpin. Tapi ada juga yang menganggap bahwa pemimpin itu dibentuk. Menurut anggapan ini, semua orang bisa untuk menjadi pemimpin, asalkan dia dibekali dengan ilmu mengenai kepemimpinan.

Sebenarnya, berbakat atau tidak menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki ilmu mengenai kepemimpinan atau leadership. Walaupun seseorang berbakat menjadi pemimpin, tapi jika dia tidak mengetahui bagaimana cara untuk menjadi pemimpin yang baik, maka dia tidak akan bisa menjadi seorang leader yang handal. Oleh karena itu training karyawan sangat penting dilakukan.

Sebaliknya, walaupun seseorang sama sekali tidak berbakat menjadi pemimpin, namun ketika dia mendapatkan ilmu mengenai kepemimpinan dan bertekad untuk mengaplikasikan ilmu tersebut, dia bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Itulah tujuan dan manfaat pelatihan untuk karyawan.

Inilah gunanya mengikuti pelatihan kepemimpinan karyawan, khususnya bagi mereka yang baru saja dipromosikan menjadi seorang manajer baru. Selama ini mereka hanya seorang pegawai yang hanya bisa menuruti perintah dari atasannya. Maka, ketika dia harus menjadi seorang atasan, dia harus bisa memimpin anak buahnya.

Hakikat seorang pemimpin yang sesungguhnya adalah memimpin anak buahnya agar bisa menjadi lebih baik. Jika anak buah bisa lebih baik dalam bekerja, maka performa kerja juga akan menjadi lebih baik. Ketika performa kerja menjadi lebih baik, maka produktivitas karyawan tim kerja juga akan meningkat.

Jadi tujuan diadakannya training karyawan adalah untuk meningkatkan kualitas seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Jika kualitasnya sebagai seorang pemimpin menjadi lebih baik, maka potensinya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik juga akan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *