Hal Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan

Karyawan merupakan salah satu asset penting bagi sebuah perusahaan. Untuk itu kinerja karyawan harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kinerja karyawan, diantaranya:

Ketersediaan Peralatan dan Barang
Selain mesin-mesin yang berhubungan dengan proses produksi, sebagian barang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran tugas karyawan. Contoh : Mesin fotocopy, daripada karyawan bolak-balik keluar kantor untuk fotocopy, lebih baik perusahaan mempertimbangkan untuk memiliki mesin fotokopi sendiri untuk mendukung kelancaran proses kerja.

Lingkungan Kerja
Tempat kerja yang ‘sehat’ adalah kunci dari cara meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan mengutamakan kenyamanan lingkungan kerja seperti ruangan kantor yang memilki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Job Description dan Tanggung Jawab
Seringkali penurunan produktivitas karyawan bahkan mengalami stagnasi karena karyawan merasa jenuh atau bosan pada pekerjaannya. Menempatkan karyawan pada tim kerja yang tepat, atau mempercayakan proyek khusus akan menghadirkan minat dan perhatian mereka. Dengan menyadarkan bahwa keberadaan setiap karyawan berharga dan masing-masing memiliki peran terhadap keberhasilan perusahaan tentunya akan membuat karyawan semakin bersemangat dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Visi, Misi, dan Budaya Organisasi
Mensosialisasikan visi, misi dan budaya organisasi pada karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Terutama bila karyawan Anda adalah dari generasi millennial  yang selalu mencari ‘purpose’ atau ‘the meaning of life’ dengan bekerja untuk menciptakan suatu perubahan pada masyarakat, mereka tentunya akan bangga bergabung dengan perusahaan yang memberikan ruang untuk berkarya. Untuk itu penting sekali visi, misi dan budaya organisasi bisa disampaikan pada saat basic training atau program pelatihan kerja untuk karyawan baru

Sistem Komunikasi dan Cara Kerja Pimpinan
Dalam majalah bisnis ‘Entrepreneur’ mendapati bahwa karyawan mengharapkan bos yang suportif, yaitu memiliki karakter: pengertian, fleksibel, dan dapat dipercaya. Hal ini akan mempengaruhi bagaimana karyawan berinteraksi dan berkomunikasi dalam pekerjaannya.

Pelatihan dan Pengembangan Diri
Agar karyawan semakin handal dalam pekerjaannya, pelatihan karyawan adalah solusi terbaik! Di samping menambah wawasan, program pelatihan karyawan dan outbond training dapat menyegarkan pikiran dan mengurangi ketegangan.

Bonus dan Insentif
Tak dapat dipungkiri, gaji merupakan salah satu faktor paling krusial sebagai cara meningkatkan motivasi kerja karyawan. Selain gaji pokok dan tunjangan tetap, memberikan bonus dan insentif kepada karyawan maupun tim kerja yang telah mencapai target perusahaan merupakan salah satu cara meningkatkan kinerja karyawan.

Jika Anda mencari lembaga jasa pelatihan karyawan, tentunya Improvement Focus bisa dijadikan pilihan. Dengan jargon “We Do Simplify Training” metode pelatihan karyawan yang disampaikan akan mudah dimengerti dan sangat aplikatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *