Cara Meningkatkan Produktivitas Selama Puasa & WFH

 

Di bulan puasa, Work From Home dapat menghadirkan tantangan tersendiri, terkadang saat puasa memicu datangnya kantuk di siang hari. Hal ini diakibatkan karena menurunnya tingkat gula darah pada saat berpuasa. Sehingga menyebabkan konsentrasi dan produktivitas akan menurun.

Bagaimana agar puasa tetap berjalan lancar dan kantuk tidak mengganggu WFH, serta bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja selama WFH di bulan puasa? berikut beberapa tips nya

  1. Tidur lebih berkualitas

Usahakan untuk mengatur waktu tidur dengan lebih baik. Dengan tidur lebih cepat daripada biasanya karena harus bangun untuk sahur dan  usahakan jaga kualitas tidur.

  1. Tidur siang sejenak saat waktu istirahat

Saat puasa, waktu makan siang dapat digunakan sebagai waktu tidur siang. Istirahat sebentar dari pekerjaan dengan tidur sekitar 5-20 menit.Carilah tempat atau ruangan yang berbeda dari lokasi bekerja di rumah, sehingga membuat pikiranmu lebih segar dan produktif.

  1. Ubah pemandangan

Cobalah untuk mengganti pemandangan agar tidak bosan saat bekerja, bisa dengan melihat suasana di halaman rumah, atau beristirahat sejenak dari layar komputer.

  1. Mencuci muka

Jika rasa kantuk sudah mulai menyerang, cucilah muka dengan air dingin, air dingin dapat membantu untuk merasa rileks dan segar sehingga mudah berkonsentrasi.

  1. Lakukan peregangan sederhana

Duduk terlalu lama saat bekerja juga bisa membuat otot terasa kaku dan mudah mengantuk. Cobalah untuk melakukan peregangan singkat selama beberapa menit.

  1. Mengikuti program pelatihan karyawan online

Banyak sekali pelatihan karyawan online yang bisa diikuti, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Gunakan waktu istirahat untuk mengikuti training karyawan yang materi pelatihan karyawannya dapat menudukung produktivitas dan kinerja.

Meskipun berpuasa bukan berarti menjadi halangan untuk tetap produktif, banyak cara meningkatkan kinerja kerja yang pastinya bisa dilakukan jika bersungguh-sungguh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *