Cara Memotivasi Karyawan

      Tak ada komentar pada Cara Memotivasi Karyawan

Kepemimpinan yang memotivasi adalah kepemimpinan yang membuat para karyawan merasa dibutuhkan kontribusinya. Seorang karyawan disebuah perusahaan membutuhkan motivasi agar karyawan semangat dalam bekerja dan membuat mereka merasa senang dalam bekerja, seorang atasan / leader memiliki peranan penting dalam memotivasi karyawan.

Motivasi karyawan tidak selalu mengenai materi, uang, prestis dan segala aspek dari karir seorang karyawan kecil artinya jika dia merasa tidak diperdulikan oleh atasannya. Banyak hal yang dapat dilakukan sebagai cara menumbuhkan motivasi kerja karyawan agar bekerja dengan giat. Berikut yang bisa dilakukan oleh para leader agar anggota tim nya terus termotivasi

  1. Tanyakan kepada karyawan terdapat kesulitan dan hambatan yang ditemui dalam melakukan pekerjaannya.
  2. Berikan pujian/ apresiasi yang memang pantas didapatkan, bukan sekedar basa-basi. Bentuk apresiasi sekecil apapun kepada karyawan, akan membuat karyawan termotivasi untuk selalu meningkatkan hasil kerjanya.
  3. Jangan pernah remehkan ide baru yang disampaikan karyawan, bila perlu mintalah karyawan untuk menyampaikan ide-ide baru mereka.
  4. Bangunlah keakraban, tanyakan hobi personal atau cerita tentang asal-usul dan keluarganya. Nilailah karakternya serta pahamilah kepribadian sang pegawai.
  5. Tetap menjaga karisma dan jangan terlalu berlebihan dalam memberikan penghargaan. Proporsional dan adil merata terhadap semua bawahan.
  6. Bantu karyawan untuk berkembang dan belajar. Dorong karyawan untuk selalu berkembang dan belajar, misalkan dengan mengikutsertakan dalam program pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan karyawan. Dengan begitu karyawan akan merasa selalu termotivasi akan kemampuannya dan pasti akan bermanfaat untuk perusahaan.

Meningkatkan semangat karyawan tentu saja berdampak besar pada kesejahteraan perusahaan. Semangat karyawan adalah jiwa perusahaan. Pemimpin harus selalu memastikan karyawan yang menjadi anggota timnya menikmati tugas mereka dalam pekerjaan dan menjadikan diri mereka bagian dari rencana perusahaan. Sehingga hal tersebut dapat menjadi cara meningkatkan produktivitas kerja.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *