Apa Perbedaan Kompensasi dan Benefit Karyawan ?

Kompensasi dan benefit karyawan merupakan kata yang sering terdengar dalam hal yang berkaitan dengan peningkatan kinerja karyawan. Namun apa sebenarnya maksud dari kompenasi dan benefit karyawan itu sendiri? Dan apa sebenarnya yang membedakan kompensasi dan benefit?

Kompensasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah imbalan berupa uang atau bukan uang (natura) yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan atau organisasi. Atau dalam pengertian yang paling sederhana, kompensasi adalah segala bentuk pemberian perusahaan kepada karyawan yang terkait dengan pekerjaan, misalnya : gaji, tunjangan, bonus, dan insentif.

Secara umum, bentuk kompensasi ada tiga yaitu:

  1. Kompensasi finansial langsung. Yaitu segala macam pembayaran perusahaan yang diterima oleh karyawan dalam bentuk uang secara langsung, seperti gaji, THR, bonus, komisi
  2. Kompensasi finansial tidak langsung. Yaitu segala macam pembayaran perusahaan yang diterima oleh karyawan tidak dalam bentuk uang secara langsung, melainkan berupa manfaat dan fasilitas/kemudahan yang dinikmati karyawan. Contohnya adalah BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, fasilitas kendaraan dinas, rumah dinas, makan siang
  3. Kompensasi non-finansial. Ini merupakan pemberian perusahaan yang tidak terkait dengan uang, misalnya kesempatan cuti tahunan lebih banyak, cuti melahirkan 4 bulan, cuti ayah 1 bulan, jam kerja fleksibel

Lalu apa itu benefit? Benefit adalah segala jenis pemberian oleh perusahaan kepada karyawan selain gaji, yang bersifat non-tunai dan ditujukan untuk menunjang kesejahteraan individu maupun keluarga karyawan. Contoh : perlindungan karyawan berupa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, akses pinjaman karyawan, program pelatihan karyawan.

Jadi, paket kompensasi dapat berupa penghasilan saja (gaji, tunjangan, lembur, bonus, komisi) atau comben (compensation and benefit) yakni penghasilan ditambah porgram benefit.

Begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh perusahaan dan juga karyawan dengan adanya program kompensasi dan benefit yang sesuai. Namun sayangnya tidak semua orang bisa dan mengerti bagaimana cara menyusun dan membuat kompensasi dan benefit yang tepat. Improvement Focus® hadir membantu Anda dalam 1 day training karyawan CARA MENENTUKAN KOMPENSASI DAN BENEFIT KARYAWA SERTA METODE EVALUASI langsung saja klik www.improvement-focus.com untuk tahu informasi lengkapnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *